Segarnya Air Puncak Batur Agung dan Pemberdayaan Petani Pemakai Air (P3A) Desa Gedangrejo

Jurnalis Warga 08 November 2017 10:55:24 WIB

GEDANGREJO - Selasa (07/11/2017) Setelah pengeboran mata air puncak Batur Agung oleh DPU Kab. Gunungkidul selesai dilakukan, Kepala Desa Gedangrejo (Drs.H.Suminto) beserta perangkat desa dan Babinsa Gedangrejo berkesempatan berkunjung dan merasakan secara langsung kesegaran air Batur Agung. Pengeboran ini merupakan salah satu kegiatan Pemberdayaan Petani Pemakai Air (P3A) Desa Gedangrejo. Petani Pemakai Air (P3A) adalah semua petani yang mendapat nikmat dan manfaat baik langsung  maupun tidak langsung dari dari pengelolaan air dan jaringan irigasi yang meliputi pemilik sawah, penggarap sawah, pemilik kolam ikan yang mendapat air dari jaringan irigasi dan pemakai air irigasi lainnya.

Pentingnya peran P3A disebutkan dalam UU No. 7 Tahun 2004, dimana petani diberi wewenang dan tanggungjawab pemeliharaan di tingkat usaha tani. Sedangkan pentingnya penguatan atau pemberdayaan petani pemakai air juga tersirat dalam regulasi khusus yakni Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 mengamanatkan bahwa pembinaan dan pemberdayaan P3A menjadi tanggung jawab instansi pemerintah daerah.

Kedepannya, air yang keluar dari mata air Batur Agung akan ditampung di Embung Batur Agung yang saat ini sedang dalam pengerjaan. Dengan adanya Embung Batur Agung, diharapkan Pemberdayaan Petani Pemakai Air (P3A) di 3 desa (Gedangrejo, Karangmojo dan Jatiayu) akan terwujud sepenuhnya. (babinsa)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kabar Desa Gedangrejo

Fitur Desa Gedangrejo

Laporan Dana Desa Gedangrejo WhatsApp Desa Gedangrejo LINE Gedangrejo Cek Status Permohonan KTP Perpustakaan Desa Gedangrejo

Lokasi Gedangrejo

tampilkan dalam peta lebih besar